Skripsi
EKSPERIMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK VEE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS (Studi Penelitian pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar untuk Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2
SAFITRI, DEVY AYU NUR. 2018. “Eksperimentasi Strategi Pembelajaran Heuristik Vee terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis (Studi Penelitian pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar untuk Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd.
Pembimbing II Ahmadi, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Eksperimentasi, Strategi Pembelajaran Heuristik Vee, Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) Adanya perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran Heuristik Vee dengan strategi pembelajaran ekspositori. (2) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran Heuristik Vee lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis tinggi. (3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran Heuristik Vee lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Suradadi Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri atas 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen, 2 kelas sebagai kelas kontrol, dan 1 kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan menetapkan taraf signifikasnsi 5% adalah uji anava dua arah, uji-t satu pihak kanan, dan uji-t satu pihak kiri, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyaeat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran Heuristik Vee dengan strategi pembelajaran ekspositori. (2) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran Heuristik Vee lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis tinggi.
Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran Heuristik Vee tidak lebih baik atau sama dengan peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis rendah.
17145000470 | SAF e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain