Skripsi
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN CINTA BUDAYA LOKAL (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Lebaksiu Kabupaten Tegal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Tahun Ajaran
WULANDARI, NIKE RIZHYANA. 2018. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Strategi REACT Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Cinta Budaya Lokal” Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi Wahyuningsih, M.Pd.,
Pembimbing II Wikan Budi Utami, M.Pd.
Kata Kunci : Efektivitas, Strategi REACT Berbasis Etnomatematika, Kemampuan Komunikasi Matematis, Cinta Budaya lokal
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan pembelajaran matematika menggunakan strategi REACT berbasis etnomatematika lebih efektif dari strategi ekspositori dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. (2) Mendeskripsikan pembelajaran matematika menggunakan strategi REACT berbasis etnomatematika lebih efektif dari strategi ekspositori dalam meningkatkan cinta budaya lokal peserta didik. (3) Mendeskripsikan ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan cinta budaya lokal peserta didik antara yang diberikan strategi REACT berbasis etnomatematika dengan strategi ekspositori. (4) Mendeskripsikan pembelajaran matematika menggunakan strategi REACT berbasis etnomatematika lebih efektif dari pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan cinta budaya lokal peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lebaksiu tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 3 kelas, 1 kelas sebagai kelas eksperimen, 1 kelas sebagai kelas kontrol, serta 1 kelas sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi instrumen penelitian instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan angket cinta budaya lokal yang telah diuji validitas dan reliabilitas dengan taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak kanan, uji manova, dan uji τ^2-Hotelling dengan uji prasyarat analisis data adalah uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Strategi REACT berbasis etnomatematika lebih efektif daripada strategi ekspositori dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. (2) Strategi REACT berbasis etnomatematika lebih efektif daripada strategi ekspositori dalam meningkatkan cinta budaya lokal peserta didik. (3) Ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan cinta budaya lokal antara peserta didik yang diajar menggunakan strategi REACT berbasis etnomatematika dengan strategi ekspositori. (4) Strategi REACT berbasis etnomatematika lebih efektif daripada strategi ekspositori dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan cinta budaya lokal peserta didik.
17145000040 | WUL e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain