Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) MELALUI TTS (TEKA-TEKI SILANG) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP GARIS DAN SUDUT (Suatu pe
ARDIANTI, SITI NUR. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) melalui TTS (Teka – Teki Silang) terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Garis dan Sudut (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 1 Lebaksiu Kab Tegal Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Ponoharjo, M.Pd.
Pembimbing II M. Shaefur Rokhman, M.Si.
Kata kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Teka -Teki Silang, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model TGT melalui TTS lebih baik dari pada yang diajar menggunakan model ekspositori. (2) Mengetahui pemahaman konsep garis dan sudut peserta didik yang diajar menggunakan model TGT melalui TTS lebih baik dari pada yang diajar menggunakan model ekspositori. (3) Mengetahui ada perbedaan motivasi belajar peserta didik dan pemahaman konsep garis dan sudut yang diajar menggunakan model TGT melalui TTS lebih baik daripada yang diajar menggunakan model ekspositori.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Lebaksiu tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 3 kelas yaitu, kelas eksperimen, kelas kontrol, dan kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t pihak kanan dan uji manova dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menyatakan bahwa : (1) Motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model TGT melalui TTS lebih baik daripada yang diajar menggunakan model ekspositori dengan thitung = 2.019 dan ttabel= 2.000. (2) Pemahaman konsep garis dan sudut peserta didik yang diajar menggunakan model TGT melalui TTS lebih baik daripada yang diajar menggunakan model ekspositori dengan thitung = 2.041 dan ttabel= 2.000. (3) Ada perbedaan motivasi belajar peserta didik dan pemahaman konsep garis dan sudut yang diajar menggunakan model TGT melalui TTS lebih baik daripada yang diajar menggunakan model ekspositori dengan λhitung= 0.896 dan λtabel= 0.903.
17145000360 | ARD e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain