Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP PRESTASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester I MTs Muhammadiyah Wanasari Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus)
T, FARIZ.2018.“Keefektifan Model Pembelajaran Pair Check pada Materi Pokok Persamaan Garis Lurus Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Muhammadiyah Wanasari Brebes Semester I Tahun Ajaran 2017/2018)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si, M.Pd
Pembimbinng II Wikan Budi Utami, M.Pd
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Pair Check, Prestasi, Keaktifan Belajar Matematika
Sebagian besar peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Wanasari Brebes mempunyai prestasi dan keaktifan belajar matematika yang kurang memuaskan. Berkaitan hal ini perlu adanya variasi dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi dan keaktifan belajar yang melibatkan peserta didik supaya lebih aktif. Upaya yang dapat ditempuh adalah penerapan model pembelajaran Pair Check. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan :(1)prestasi belajar matematika peserta didik dengan model pembelajaran Pair Check telah mencapai target, (2)model pembelajaran Pair Check lebih baik daripada model pembelajaran kovensional terhadap prestasi belajar matematika, (3)model pembelajaran Pair Check lebih baik daripada model pembelajaran kovensional terhadap keaktifan belajar matematika, (4)adanya perbedaan prestasi dan keaktifan belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran Pair Check dengan model pembelajarn konvensional, (5)model pembeajaran Pair Check lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan keaktifan belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri atas 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 3 kelas. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Teknik Analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, uji analisis variansi multivariant satu arah dan uji τ2 – Hotteling yang dianalisis normalitas dan homogenitasnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)prestasi belajar matematika peserta didik dengan model pembelajaran Pair Check telah mencapai target dengan zhitung = 4,7072, (2)model pembelajaran Pair Check lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung =1,8244, (3)model pembelajaran Pair Check tidak lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika dengan thitung = 0,4047, (4)adanya perbedaan prestasi dan keaktifan belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran Pair Check dengan model pembelajaran konvensional dengan hitung =0,946682, (5)model pembelajaran Pair Check tidak lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan keaktifan belajar matematika dengan τ2hitung = 3,606.
17135000280 | HID k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain