Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN ANTARA MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap Materi Segiempat SMP Negeri 3 Adiwerna Tahun
RIZQIANSYAH, MIRZA. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Antara Media Pembelajaran Adobe Flash dengan Alat Peraga Terhadap Minat dan Prestasi belajar Matematika Peserta Didik (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap Materi Pokok Segiempat SMP Negeri 3 Adiwerna Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd.
Pembimbing II : Ibnu Sina,S.T,M.Pd.,M.Kom.
Kata kunci : keefektifan, Talking Stick, Adobe Flash, alat peraga, minat, prestasi belajar.
Pembelajaran yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Adiwerna yang masih berpusat pada guru menyebabkan pembelajaran kurang menarik bagi peserta didik dan prestasi belajar matematika yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) model pembelajaran Talking Stick berbantu Adobe Flash lebih efektif dari pada model pembelajaran Talking Stick berbantu alat peraga terhadap minat belajar peserta didik. (2) model pembelajaran Talking Stick berbantu Adobe Flash lebih efektif dari pada model pembelajaran Talking Stick berbantu alat peraga terhadap prestasi belajar peserta didik. (3) ada perbedaan minat dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick berbantu Adobe Flash dengan model pembelajaran Talking Stick berbantu alat. (4) model pembelajaran Talking Stick berbantu Adobe Flash lebih efektif dari pada model pembelajaran Talking Stick berbantu alat peraga terhadap minat dan prestasi belajar matematika peserta didik
Populasi penelitian ini peserta didik kelas VII. Pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran Talking Stick berbantu Adobe Flash, 2 kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran Talking Stick berbantu alat peraga dan 1 kelas uji coba. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan uji-st, uji manova, dan uji τ^2-Hotelling.
Hasil penelitian menyatakan bahwa bahwa: (1) model pembelajaran Talking Stick berbantu Adobe Flash lebih efektif dari pada model pembelajaran Talking Stick berbantu alat peraga terhadap minat belajar peserta didik. (2) model pembelajaran Talking Stick berbantu Adobe Flash lebih efektif dari pada model pembelajaran Talking Stick berbantu alat peraga terhadap prestasi belajar peserta didik. (3) ada perbedaan minat dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick berbantu Adobe Flash dengan model pembelajaran Talking Stick berbantu alat peraga terhadap minat belajar peserta didik. (4) model pembelajaran Talking Stick berbantu Adobe Flash lebih efektif dari pada model pembelajaran Talking Stick berbantu alat peraga terhadap minat dan prestasi belajar matematika peserta didik.
17145000160 | RIZ k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain