Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2017/2018 pada Pokok Bahasan Trigonometri)
AFRIANTI, LILIS. 2018. “Keefektifan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Think Pair Share terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Kramat Tahun Ajaran 2017/2018 pada Pokok Bahasan Trigonometri)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si., M.Pd.
Pembimbing II Ibnu Sina, S.T., M.Pd., M.Kom.
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Snowball Throwing (ST), Think Pair Share (TPS), Aktivitas, Prestasi Belajar Matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ST dan TPS yang nilainya diatas 70 melampaui target 42%, 2) adanya perbedaan aktivitas dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran ST, TPS dan konvensional, 3) model pembelajaran ST dan TPS lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika, 4) adanya perbedaan aktivitas dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran TPS dengan model pembelajaran ST, 5) model pembelajaran TPS lebih efektif daripada model pembelajaran ST terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester II SMA Negeri 1 Kramat Tahun Ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen, 1 kelas sebagai kelas kontrol, dan 1 kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji manova serta uji hottling dengan taraf signifikansi 5% yang telah memenuhi asumsi uji normalitas dan homogenitas baik yang univariat dan multivariat.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran pembelajaran ST dan TPS yang nilainya diatas 70 melampaui target 42%, 2) ada perbedaan aktivitas dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ST, TPS dan konvensional, 3) model pembelajaran ST dan TPS lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika, 4) ada perbedaan aktivitas dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS dengan model pembelajaran ST, 5) model pembelajaran TPS lebih efektif daripada model pembelajaran ST terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika.
17145000290 | AFR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain