Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN REWARD AND PUNISHMENT DENGAN BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Pangkah pada Materi Pokok Segiempat dan Segitiga Tahun Pelajaran
FAJRIYAH, ANIS. 2018. “Keefektifan Model Pembelajaran Reward And Punishment Berbantuan Alat Peraga terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Pangkah pada Materi Pokok Segiempat dan Segitiga Tahun Pelajaran 2017/2018)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd.
Pembimbing II Ibnu Sina, S.T., M.Pd., M.Kom.
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Reward And Punishment Berbantuan Alat Peraga, Prestasi Belajar Matematika, Motivasi Belajar.
Penelitian pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Pangkah bertujuan (1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Reward And Punishment berbantuan alat peraga dengan model pembelajaran konvensional, (2) untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai motivasi belajar tinggi diajar menggunakan model pembelajaran Reward And Punishment berbantuan alat peraga lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, dan (3) untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai motivasi belajar rendah diajar menggunakan model pembelajaran Reward And Punishment berbantuan alat peraga tidak lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII semester genap SMP Negeri 3 Pangkah tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah populasi 254 peserta didik terbagi dalam delapan kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas VII E sebagai kelas uji coba, kelas VII A dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen, kelas VII C dan VII D sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan angket. Analisis data yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok, uji-t satu pihak kanan dan kiri dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini diperoleh: 1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Reward And Punishment berbantuan alat peraga dengan model pembelajaran konvensional, 2) model pembelajaran Reward And Punishment berbantuan alat peragalebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar ditinjau dari motivasi belajar tinggi, 3) model pembelajaran Reward And Punishment berbantuan alat peraga tidaklebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar ditinjau dari motivasi belajar rendah.
17145000190 | FAJ k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain