Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ( Studi Penelitian pada Siswa SMP Negeri 10 Kota Tegal Kelas VII Semester II Materi Pokok Segitiga dan Segiempat Tahun pelajaran 2017 / 2018 )
KARYASIH. 2018. Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share berbantu Alat Peraga terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Siwa SMP Negeri 10 Kota Tegal Kelas VII Semester II Materi Pokok Segitiga dan Segiempat Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra Eleonora Dwi W., M.Pd.
Pembimbing II M.Shaefur Rokhman,M.Si.
Kata kunci : Efektifitas, Kooperatif, Think Pair Share, alat Peraga, keaktifan, Hasil belajar.
Pembelajaran yang dilaksanakan di SMP Negeri 10 Kota Tegal yang masih berpusat pada guru menyebabkan keaktifan siswa kurang dan hasil belajar matematika yang masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1)model pembelajaran TPS berbantu alat peraga lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar peserta didik. (2)model TPS berbantu alat peraga lebih baik dari pada model pembelajaran konvesional terhadap hasil belajar matematika peserta didik. (3)ada perbedaan keaktifan dan hasil belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS berbantu alat peraga dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.
Populasi penelitian ini peserta didik kelas VII, yaitu kelas VII-A sampai kelas VII-G. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu, kelas VII-A dan kelas VII-E sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TPS, 2 kelas yaitu, kelas VII-C dan VII-D sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan 1 kelas yaitu, kelas VII-F sebagai kelas uji coba. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan uji proporsi, uji t, dan uji manova.
Hasil penelitian menyatakan bahwa bahwa: (1)model pembelajaran TPS berbantu alat peraga lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar peserta didik. (2)model TPS berbantu alat peraga lebih baik dari pada model pembelajaran konvesional terhadap hasil belajar matematika peserta didik. (3)ada perbedaan keaktifan dan hasil belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS berbantu alat peraga dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.
17145000280 | KAR e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain