Skripsi
EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 10 Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 pada Materi Peluang)
Ramadhani, Nur Farkhanah. 2018. “Efektivitas Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 10 Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 pada materi Peluang)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Ponoharjo, M.Pd.
Pembimbing II Ibnu Sina, S.T., M.Pd., M.Kom.
Kata Kunci: Efektivitas, Metode Pembelajaran Mind Mapping, Kemampuan Komunikasi Matematis, Prestasi Belajar Matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan: 1) apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping yang nilainya lebih dari atau sama dengan 72 melampaui 35%, 2) apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping yang nilainya lebih dari atau sama dengan 72 melampaui 35%, 3) adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping dengan metode pembelajaran konvensional, 4) metode pembelajaran Mind Mapping lebih baik daripada metode pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester genap SMP Negeri 10 Tegal tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 1 kelas sebagai kelas eksperimen, 1 kelas sebagai kelas kontrol, dan 1 kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji manova, dan uji hotteling dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping yang nilainya lebih dari atau sama dengan 72 melampaui 35%, 2) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping yang nilainya lebih dari atau sama dengan 72 melampaui 35%, 3) ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping daripada yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional, 4) metode pembelajaran Mind Mapping lebih baik daripada metode pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika.
17145000600 | RAM e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain