Skripsi
EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN HUMANISTIK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 BULAKAMBA KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2017/2018
HANTIAS, MUH. RAHMATULLAH. 2018. “Efektifitas Bimbingan Kelompok Berpendekatan Humanistik terhadap Pembentukan Karakter pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Suriswo, M.Pd., Pembimbing II: Dra. Sri Sumarsih, M.Pd.
Kata Kunci: Efektifitas, bimbingan kelompok berpendekatan humanistik, dan pembentukan karakter.
Karakter memegang peran yang sangat utama dalam menentukan sikap dan perilaku. Penelitian ini dilatarbelakangi tidak sedikut peserta didik yang kurang memiliki karakter yang baik. Hal ini terlihat dari peserta didik dalam pergaulan di sekolah suka berkata-kata kotor, banyak pula peserta didik yang mempunyai sifat acuh tak acuh tidak peduli dengan keadaan teman dan lingkungan sekitarnya sehingga tidak jarang ditemui peserta didik kurang bersahabat dengan teman-temannya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pelaksanaan bimbingan kelompok berpendekatan humanistik, 2) Tingkat pembentukan karakter peserta didik, dan 3) Ada tidaknya efektifitas bimbingan kelompok berpendekatan humanistik terhadap pembentukan karakter pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian pre-experimetal dengan desain pre-test and post-test one group. Populasi penelitian 360 peserta didik dengan sampel penelitian 40 peserta didik. Alat pengumpulan data berupa: angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan Uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase dan Statistik Uji-t (Pre-test and Post-test One Group Design).
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelakasanaan bimbingan kelompok berpendekatan humanistik mayoritas dalam kategori sedang (13,5%); 2) Tingkat pembentukan karakter peserta didik sebelum diberikan bimbingan kelompok berpendekatan humanistik mayoritas dalam kategori kurang (27,5%), sedangkan sesudah diberikan bimbingan kelompok berpendekatan humanistik mayoritas dalam kategori sedang (37,5%); 3) Ada fektifitas bimbingan kelompok berpendekatan humanistik terhadap pembentukan karakter pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018, terbukti dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,031 dan ttabel = 2,023, karena thitung lebih besar dari ttabel (3,031 > 2,023). Maka Ho ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima.
Saran dari penulis diharapkan sekolah selalu mengevaluasi pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam menerapkan teknik-teknik baru, sehingga dapat dijadikan masukan bagi program bimbingan dan konseling di sekolah untuk mengatasi masalah peserta didik. Salah satunya bimbingan kelompok berpendekatan humanistik untuk meningkatkan pembentukan karakter peserta didik.
11135000670 | HAN e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain