Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SD ROUDLOTUL MUTA’ALIMIN ASEMDOYONG KABUPATEN PEMALANG
AFANDI, AHMAD N. 2018 “Keefektifan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas V SD Roudlotul Muta’alimin Asemdoyong Kabupaten Pemalang”. Skripsi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs Bowo Hermaji, M. Pd. Pembimbing II Lely Triana M.Pd.
Kata kunci : metode mind mapping, puisi
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SD Roudlotul Muta’alimin Asemdoyong Kabupaten Pemalang, (2) mendeskripsikan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode mind mapping, (3) mendeskripsikan keefektifan metode mind mapping dalam pembelajaran menulis puisi.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Roudlotul Muta’alimin Asemdoyong Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 56 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan uji t non-independen dipakai untuk memperoleh hasil tes menulis puisi pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian data yang terkumpul diolah untuk menguji perbedaan dari dua kelas tersebut dengan menggunakan uji t independen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebelum menggunakan metode mind mapping keterampilan menulis puisi tergolong rendah, sehingga perlu adanya metode yang efektif agar mengalami peningkatan. (2) prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan metode mind mapping, hal ini dibuktikan nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, (3) penggunakan metode mind mapping sangat efektif karena hasil yang diperoleh pada tes menulis puisi, rata-rata nilai kelas eksperimen diperoleh t hitung sebesar 3,72 dengan t tabel 1,7 dan rata-rata kelas kontrol diperoleh t hitung sebesar 3,26 dengan t tabel 1,7.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan guru menemukan metode atau model yang sesuai dengan kondisi kemampuan siswa sehingga pada proses pembelajaran lebih efektif. Siswa diharapkan lebih banyak latihan menulis untuk meningkatkan penguasaan kosa kata sehingga dapat meningkatkan kemampuan keterampilan menulis. Pihak orang tua disarankan agar selalu memotovasi dan memberikan arahan dan bimbingan kepada anaknya sehingga anak lebih giat lagu dalam belajar, khusunya untuk meningkatkan kempuan menulis puisi.
15115000020 | AFA k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain