Skripsi
KONSELING RATIONAL EMOTIVE THERAPY UNTUK MENGATASI PERTENGKARAN REMAJA (Studi Kasus Kelas X Teknik Otomotif Di SMK Negeri 2 Slawi Tahun Pelajaran 2017/2018)
MAZIYYAH, FASYA. 2018. Judul Skripsi “Konseling Rational Emotive Therapy Untuk Mengatasi Pertengkaran Remaja (Studi Kasus Kelas X Teknik Otomotif Di SMK Negeri 2 Slawi Tahun Pelajaran 2017/2018)”, Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Sukoco, KW, M.Pd, Pembimbing II Hastin Budisiwi, S.Psi, M.Pd,
Kata Kunci : Pertengkaran, Konseling Individu, Teknik Rational Emotive Therapy
Masalah pertengkaran antar peserta didik didorong oleh kecenderungan remaja untuk berperilaku agresif. Gejala peserta didik yang agresif dapat dilihat antara lain anak mudah terganggu pikiran, perhatian, menjadi tidak mampu mengontrol diri untuk sedikit tenang, mudah emosional, melakukan tindakan yang kurang mempunyai kontrol sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Bagaimana terjadinya pertengkaran peserta didik kelas X Teknik Otomotif SMKN 2 Slawi Negeri Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Bagaimana cara mengaplikasikan Konseling Rational Emotive Therapy Kelas X Teknik Otomotif SMKN 2 Slawi Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Ada tidakah pengaruh Konseling Rational Emotive Therapy dalam mengatasi pertengkaran remaja kelas X Teknik Otomotif SMKN 2 Slawi Tahun Pelajaran 2017/2018.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini termasuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian peserta didik yang mengalami pertengkaran kelas X Teknik Otomotif SMK Negeri 2 Slawi Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 2 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode : wawancara, observasi dan dokumentasi.
Terjadinya pertengkaran remaja kelas X Teknik Otomotif SMK N 2 Slawi, meliputi rasa yang ingin menang sendiri, emosi yang tidak bisa terkontrol, berbicara kasar dan keras sehingga terjadi pertengkaran sampai terjadinya perkelahian. Dari pertengkaran tersebut menandakan peserta didik tidak bisa berpikir dahulu sebelum bertindak, langsung dengan tindakan dan respon negatif jika dirinya terancam tanpa memikirkan akibat yang akan terjadi.
Cara untuk mengaplikasikan konseling Rational Emotive Therapy (RET) dengan menggunakan teknik Assertive Adaptive, teknik bermain peran berfungsi mengekspresikan berbagai jenis perasaan yang menekan (perasaan-perasaan negatif) melalui suatu suasana yang dikondisikan sedemikian rupa dan teknik Homework Assignment dilaksanakan dalam bentuk tugas-tugas rumah, seperti tugas menahan emosinya dirumah. Tujuannya adalah untuk melatih konseli, membiasakan diri, dan menginternalisasikan sistem nilai tertentu yang menuntut pola tingkah laku yang diharapkan.
Adanya pengaruh Konseling Rational Emotive Therapy dalam mengatasi pertengkaran yaitu perubahan yang tampak pada peserta didik setelah diberikan layanan konseling individu yaitu pada Dani emosinya sudah terkendali saat penyampaian pendapat, kemudian pada Umam mau membuka hati untuk gadis lain dan mau mendengarkan penjelasan lawan bicaranya saat terjadi masalah.
11145000750 | MAZ k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain