Skripsi
STUDI KOMPARASI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018)
HAPSARI, DIAN WIDYA. 2018. Studi Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction dan Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Paridjo, M.Pd.
Pembimbing II Rizqi Amaliyakh S., M.Pd.
Kata Kunci : studi komparasi, efektivitas, problem based instruction, think pair share, prestasi belajar matematika.
Penelitian ini bertujuan : (1)mengetahui prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PBI mencapai target KKM, (2)mengetahui prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS mencapai target KKM, (3)mengetahui prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBI lebih baik dari peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 3 kelas yang terdiri atas 94 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi dan uji t satu pihak kanan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1)prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PBI mencapai target KKM dengan zhitung = 1,4309; (2) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS mencapai target KKM dengan zhitung = 0,8087; (3) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PBI lebih baik dari peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS dengan thitung = 2,1670.
17145000480 | HAP s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain