Skripsi
CITRAAN DAN GAYA BAHASA KIASAN PADA KUMPULAN PUISI POTRET PEMBANGUNAN DALAM PUISI KARYA WS RENDRA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Rizqi Ilman Nafi, Zidny. 2018. “Citraan dan Gaya Bahasa Kiasan pada Kumpulan Puisi Potret Pembangunan dalam Puisi Karya W.S. Rendra dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA” Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dra. Sri Mulyati, M.Pd.
Pembimbing II : Vita Ika Sari, M.Pd.
Kata Kunci : gaya bahasa, gaya bahasa kiasan, citraan, sastra, puisi.
Penelitian ini mengkaji penggunaan gaya bahasa kiasan dan citraan dalam buku Potret Pembangunan dalam Puisi Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa kiasan dan citraan dalam buku Potret Pembangunan dalam Puisi dan mendeskripsikan implikasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah buku Potret Pembanguinan dalam Puisi karya W.S. Rendra. Wujud data dalam penelitian ini adalah kalimat, frasa atau kata yang mengandung ciri-ciri gaya bahasa kiasan dan citraan. Teknik penyediaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah study pustaka. Teknik ini digunakan karena datanya berupa karya sastra berupa puisi-puisi yang terdapat pada kumpulan puisi Potret Pembangunan dalam Puisi serta materi citraan dan gaya bahasa kiasan sebagai sarana hasil penelitian.. Penyajian hasil analisis menggunakan metode formal dan informal.
Hasil penelitian ini adalah gaya bahasa kiasan dan citraan dalam buku Potret Pembangunan dalam Puisi serta implikasinya dalam pembelajaran di SMA. Gaya bahasa kiasan yang sering muncul dalam kumpulan puisi Potret Pembangunan dalam Puisi Karya WS Rendra adalah gaya bahasa personifikasi dan metonimia. Efek yang ditimbulkan dari penggunaan gaya bahasa tersebut adalah membuat gagasan dan emosi lebih nyata. Sementara itu Citraan gerak mendominasi untuk menunjukkan usaha pengarang puisi untuk memeberikan gambaran yang secara konkret tidak bergerak, tetapi secara abstrak objek tersebut bergerak.. Selain itu, citraan perasaan juga mendominasi pada antologi buku tersebut, hal ini bertujuan untuk ini membantu kita dalam menghayati suatu objek atau kejadian yang melibatkan perasaan, sehingga pembaca akan lebih tertarik untuk memahamai kesedihaan, kebahagiaan dan kesengsaraa di masa pembangunan dalam bentuk citraan perasaan Peneletian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran di SMA kelas X Genap dengan materi pembelajaran unsur pembangun puisi yang dapat di gunakan alternatif untung menunjang aspek pemahaman bagi siswa. Saran yang dapat diberikan terkait penelitian ini diharapkan dapat ditindaklanjuti dari aspek lainya dalam karya sastra khusunya berupa puisi.
15145000160 | NAF c C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain