Skripsi
KESANTUNAN PERCAKAPAN TOKOH FILM CINTA SUCI ZAHRANA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMA
MAYSATUL ABROR, 2018. Kesantunan Percakapan Tokoh Film Cinta Suci Zahrana dan Implikasinya terhadap Pembetukan karakter siswa SMA. Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Bowo Hermaji, M. Pd. / Dr. Burhan Eko P., M. Hum. Pembimbing II Leli Triana, M. Pd.
Kata Kunci : Kesantunan Film Pembentukan Karakter
Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsi wujud kesantunan percakapan tokoh film “Cinta Suci Zahrana” (2) Medeskripsi prinsip kesantunan percakapan tokoh film “Cinta Suci Zahrana” (3) Mendeskripsi implikasi kesantunan tuturan tokoh
‘Cinta Suci Zahrana” untuk pembentukan karakter siswa SMA
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Data yang diperoleh berupa percakapn tokoh film Cinta Suci Zahrana Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak catat dengan. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan meanggunakan metode padan ekstra lingual dan penyajian hasil analisis secara informal.
Berdasarkan hasil penelitian penggunaan kesantunan percakapan yang terdapat pada film cinta suci zahrana dapat disimpulkan sebagai berikut :
Wujud kesantunan dalam penelitian ini ada dua wujud yaitu wujud kesantunan positif ada tujuh data, dan wujud kesantunan yang kedua yaitu wujud kesantunan negatif ada lima data.
Pematuhan prinsip kesantunan yang dianalisis menggunakan teori bidal kesantunan prinsip milik Leech bidal-bidal tersebut ada enam macam dari keenam bidal tersebut dari masing-masing bidal memiliki wujud data masing-masing, bidal ketimbangrasaan memiliki empat wujud data, bidal kemurahatian memiliki empat wujud data, bidal keperkenaan ada tiga wujud data, bidal kerendahatian ada dua wujud data, bidal kesetujuan ada tiga wujud data, dan bidal kesimpatian ada dua wujud data.
Hasil penelitian ini diimplikasikan pada pembentukan karakter siswa SMA. Hasil penelitian ini dapat membantu proses pembelajaran karena dapat dijadikan sebagai refrensi pembelajaran.
Saran dari penelitian ini bagi pendidik diharapkan penelitian ini dapat membantu guru dan menjadi sumber refrensi untuk pembelajaran.
Bagi peneliti selanjutnya, penelitian mengenai kesantunan berbahasa perlu diperbanyak mengingat kesantunan berbahasa sangat berguna bagi kehidupan masyarakat
15145000780 | ABR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain