Skripsi
BENTUK DAN KESALAHAN EJAAN BAHASA INDONESIA DALAM SURAT-SURAT RESMI SEKOLAH MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PAGERBARANG DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
PERTIWI, PUTRI EKA. 1513500008. 2018. “Bentuk dan Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Surat-Surat Resmi Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pagerbarang dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dra. Hj. Sri Mulyati, M.Pd.
Pembimbing II : Lely Triyana, M.Pd.
Kata kunci: bentuk, ejaan, surat resmi.
Penelitian ini bertujuan 1) mendiskripsi bentuk surat-surat resmi sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pagerbarang; 2) mendeskripsi jenis kesalahan ejaan bahasa Indonesia dalam surat-surat resmi sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pagerbarang; dan 3) mendeskripsi implikasi hasil penelitian dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah surat-surat resmi sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pagerbarang. Wujud data dalam penelitian ini adalah satuan-satuan bahasa dalam surat-surat resmi sekolah, meliputi pemakaian huruf, penulisan kata, pemakaian tanda baca, dan penulisan unsur serapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik teknik simak dan catat. Teknik analisis data menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pilah unsur penentu yaitu teknik analisis kesalahan yang berpedoman pada ejaan yang disempurnakan. Pengujian hasil dalam penelitian ini digunakan trianggulasi teori.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Bentuk surat-surat resmi sekolah Madrasah Aliah Negeri (MAN) Pagerbarang dari 10 surat baik surat keluar maupun surat masuk ditemukan pola pola: bentuk lurus 4 surat, bentuk setengah lurus 1 surat, bentuk lekuk 3 surat, dan bentuk menggantung 2 surat. Bentuk yang paling banyak digunakan yaitu surat bentuk lurus, bentuk lurus penuh tidak ditemukan. 2. Jenis kesalahan ejaan bahasa Indonesia meliputi: pemakaian huruf sebanyak 29 data, penulisan kata sebanyak 17 data, pemakaian tanda baca 18 data, dan penulisan unsur serapan hanya 1 data. Jenis kesalahan yang paling banyak ditemukan yaitu jenis kesalahan pemakaian huruf. 3. Implikasi hasil penelitian dapat diterapkan pada materi SMA kelas XII Standar Kompetensi: Menulis, 4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk surat dinas, laporan, resensi), Kompetensi Dasar: 4.2 Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku.
Saran yang dapat penulis sampaikan pada guru bahasa Indonesia diharapkan dalam menjelaskan dan memberikan materi tidak hanya menggunakan buku-buku panduan resmi sekolah, dapat juga menggunakan materi yang dapat secara langsung dapat dibahas dan dianalisis kesalahan-kesalahannya.
15135000080 | PER b C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain