Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA AL IRSYAD TEGAL SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MA’RIFATI, ANA. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi pada Siswa Kelas X SMA Al Irsyad Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancaskti Tegal.
Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum.
Pembimbing II Agus Riyanto, M.Pd.
Kata Kunci : model pembelajaran, Think Talk Write (TTW), menulis teks biografi dan keefektifan metode.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi pada Siswa Kelas X. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan kurikulum 2013 dengan kompetensi dasar menyusun teks biografi tokoh. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Al Irsyad Tegal tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 131. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak atau cluster random sampling dengan undian. Terpilih dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 27 dan 28 peserta didik.
Metode pengumpulan data yang digunakan hanya satu, yaitu tes menulis teks biografi yang terdiri dari dua tes yaitu pre-test dan post-test. Hasil tulisan peserta didik diolah dengan tiga proses pengolahan data yaitu editing, encoding, dan tabulasi. Setelah melewati ketiga proses tersebut maka data dianalisis dengan uji t non-independen dan uji t independen.
Simpulan penelitian ini adalah: (1) Terdapat perbedaan kemampuan menulis teks biografi yang signifikan antara peserta didik yang dalam proses pembelajaran menulis teks biografi menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan peserta didik yang dalam proses pembelajarannya tidak menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Pernyataan tersebut terbukti dari hasil perhitungan uji t independent nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh hasil thitung > ttabel (5,176 > 1,674) dengan taraf signifikansi 0,05 dan d.f = 53. ; (2) Penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran menulis teks biografi pada kelas X SMA Al Irsyad Tegal lebih efektif dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Pernyataan tersebut terbukti dari hasil perhitungan uji t non-independen hasil pre-test dan post-test masing-masing kelas sampel atau satu kelas yang sama. Hasil dari perhitungan kelas eksperimen diperoleh hasil uji t non-independen diketahui thitung = 15,466 maka dari hasil thitung tersebut diperoleh thitung > ttabel (15,466 > 1,706) dengan taraf signifikansi 0,05 dan d.f = 26. Dan perhitungan kelas kontrol diperoleh thitung = 7,357 maka dari hasil tersebut diperoleh thitung > ttabel (7,357 > 1,703) dengan taraf signifikansi 0,05 dan d.f = 27.
15145000610 | MAR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain