Skripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BAITUL MAL WAT TAMWIL SYIRKAH MUAMALAH NAHDLOTUL ULAMA (BMT SM NU) SURADADI KABUPATEN TEGAL TAHUN 2018
RUSWATI. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah BMT SM NU Suradadi Kabupaten Tegal. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dr. Yayat Hidayat Amir. M.Pd
Pembimbing II : Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd, M.Si
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Loyalitas Nasabah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah BMT SM NU suradadi tahun 2018. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang banyak dituntut menggunakan angka sebagai sumber pengolahan sampai penyajian hasilnya.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah BMT SM NU Suradadi tahun 2018 dengan jumlah populasi 1200. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel random. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% sehingga jumlah sampel dari populasi yaitu 93 nasabah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji-t.
Hasil perhitungan memperoleh persamaan regresi linear sederhana Y=34,85+0,2009X, dan hasil uji-t diketahui bahwa thitung= 2.4127 dan dikonsultasikan dengan ttabel untuk N=93 dengan tingkat kesalahan 5% sebesar=1,986. Karena thitung> ttabel yaitu 2.4127>1,986, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah BMT SM NU Suradadi Kabupaten Tegal.
Berdasarkan penelitian ini maka dapat disaranakan kepada BMT SM NU Suradadi untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang telah ada menjadi lebih baik lagi demi terciptanya loyalitas nasabah dan kemajuan perusahaan jasa, khususnya BMT SM NU Suradadi.
13135000580 | RUS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain