Skripsi
PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) INTAN MULIA DESA KENDAL SERUT PANGKAH
FAOZI, DIAN ULFIATI. 2018. Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Intan Mulia Desa Kendal Serut Pangkah. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Yayat Hidayat Amir, M.Pd
Pembimbing II Dr. Hj. Faridah, M.Si
Kata Kunci : Diferensiasi produk, loyalitas konsumen
Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Intan Mulia merupakan sebuah kelompok usaha yang bergerak dibidang cathering snack dan memberikan manfaat untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang layak dan mengurangi tingkat pengangguran. Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Intan Mulia telah melakukan usaha untuk selalu meningkatkan loyalitas konsumen diantaranya adalah dengan strategi diferensiasi produk yang selalu dikembangkan untuk mengikat konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh diferensiasi produk terhadap loyalitas konsumen pada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Intan Mulia.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Intan Mulia selama tahun 2017 dengan teknik random sampling dengan menggunakan rumus slovin sehingga menghasilkan 57 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan tekik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil perhitungan uji regresi linier sederhana telah diperoleh Y = 22,92 + 0,28X. Persamaan tersebut dapat dijelaskan bahwa apabila diferensiasi produk (X) dinaikkan sebesar 1% maka akan mempengaruhi loyalitas konsumen (Y) sebesar 0,28%. Dari uji signifikan dapat diketahui nilai uji thitung= 3,845 selanjutnya thitung dikonsultasikan dengan ttabel untuk N=57 dengan tingkat kesalahan 5% adalah 2,021, maka thitung> ttabel yaitu 3,845 > 2,021. Maka dapat dinyatakan bahwa diferensiasi produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen.
Simpulan dari penelitian ini adalah terbukti adanya pengaruh diferensiasi produk terhadap loyalitas konsumen, artinya semakin tinggi diferensiasi produk dilakukan akan dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Saran penelitian ini hendaknya Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Intan Mulia diharapkan agar terus melakukan perbaikan produk melalui strategi diferensiasi produk dengan kehandalan produk yang berkualitas sehingga dapat menciptakan konsumen yang loyal.
13145000200 | FAO p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain