Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK TERHADAP KEMATANGAN HUBUNGAN DENGAN TEMAN SEBAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2017/2018
ANISAH, 2018. Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal dengan Pendekatan Humanistik Terhadap Kematangan Hubungan dengan Teman sebaya Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. H. Suriswo, M.Pd
Pembimbing II Drs. Sukoco KW, M.Pd
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Klasikal dengan Pendekatan Humanistik, Hubungan Teman Sebaya
Teman sebaya dalam batasan ini diartikan sebagai hubungan individu pada anak-anak atau remaja dengan tingkat usia yang sama serta melibatkan keakraban yang relatif besar dalam kelompoknya. Teman sebaya merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan pada masa-masa remaja. Upaya dalam meningkatkan hubungan dengan teman sebaya dapat dilakukan dengan melalui pemberian layanan bimbingan klasikal dengan pendekatan humanistik.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan pendekatan humanistik terhadap kematangan hubungan dengan teman sebaya pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian sejumlah 126 peserta didik kelas XI IPS yang tergolong tingkat kematangan hubungan dengan teman sebaya rendah. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat pengumpulan data berupa angket (alat pengumpul data pokok), analisis deskriptif presentase dan analisis uji t (t-test).
Berdasarkan hasil analisis pre-test dan post-test dapat dilihat bahwa tingkat kematangan hubungan dengan teman sebaya peserta didik sebelum pemberian treatment layanan bimbingan klasikal dengan pendekatan humanistik yaitu dalam kriteria cukup, berjumlah 7 peserta didik dengan presentase 21,87%, namun setelah pemberian treatment jumlah peserta didik meningkat menjadi 9 peserta didik dengan presentade 28,1%. Berdasrkan perhitungan t-test diperoleh nilai thitung sebesar 3,746. Nilai thitung tersebut selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% atau (α 5%) sebesar 2,040, sehingga dapat dinyatakan bahwa thitung > ttabel (3,746 > 2,040) dengan demikian menerima hipotesis alternatif (Ha) “ Ada pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan pendekatan humanistik terhadap kematangan hubungan dengan teman sebaya pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018, dan menolak hipotesis obsevasi (Ho).
Saran bagi kepala sekolah terkait tingkat kematangan hubungan dengan teman sebaya pada peserta didik hendaknya dapat memberikan pengawasan lebih agar tingkat pendidikan dapat dioptimalkan. Bagi guru bimbingan dan konseling hendaknya memaksimalkan dalam menangani permasalahan antar peserta didik sehingga akan berdampak baik bagi peserta didik dan sekolah.
11145000690 | ANI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain