Skripsi
STUDI KASUS TENTANG STRESS DALAM MENYUSUN SKRIPSI DENGAN PENDEKATAN KONSELING NARATIF PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL TAHUN 2018
BALQIS ALVIANANDA, RIZQI. 2018. Studi Kasus Tentang Stress dalam Menyusun Skripsi dengan Pendekatan Konseling Naratif pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2018. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Maufur, M.Pd., Pembimbing II: Sesya Dias Mumpuni, M.Pd
Kata Kunci: Stress, Menyusun Skripsi, Konseling Naratif.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya beberapa mahasiswa yang mengalami stress dalam menyusun skripsi, mahasiswa sering mengeluh karena banyaknya tekanan, dosen pembimbing sulit ditemui, sering merasakan cemas, takut, dan khawatir pada sesuatu yang belum terjadi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Deskripsi stress pada mahasiswa dalam menyusun skripsi. 2) Penerapan konseling naratif pada stress mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Universitas Pancasakti Tegal. 3) Hasil perkembangan mahasiswa setelah mengikuti konseling naratif di Universitas Pancasakti Tegal tahun 2018.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Studi kasus sampel yang diambil yaitu 3 mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan data, yaitu pertama sumber masalah stress yang dialami subyek dalam penelitian cukup variatif. Terdapat statemen yang diucapkan dari subyek mengenai skripsi bahwa “Kadang aku tiba-tiba sakit karena terlalu capek buat ngerjain skripsi sampai begadang tengah malem”. Sedangkan subyek yang mengalami stress pada kategori baik sebanyak 3 mahasiswa, cukup baik sebanyak 14 mahasiswa, sedang sebanyak 17 mahasiswa, agak rendah sebanyak 15 mahasiswa, dan sangat rendah sebanyak 1 mahasiswa. Observasi dilakukan untuk mengetahui kondisi subyek yang sebenarnya, serta observasi dilakukan dengan mahasiswa dan dosen guna mendapatkan triangulasi sumber.
Adapun simpulan yang diperoleh sebagai berikut: 1) Stress yang terjadi pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi bermacam-macam dari mulai merasakan cemas, takut dan khawatir. 2) Penerapan konseling pada mahasiswa yang mengalami stress mereka dapat mengikuti konseling dengan baik. 3) Stress yang dialami mahasiswa dan setelah mengikuti konseling, perkembangan mereka sangat baik.
Sedangkan saran yang peneliti sampaikan: 1) Mahasiswa yang sedang menyusun skripsi diharapkan memiliki mental atau kesiapan diri serta memotivasi diri. 2) Proses konseling sebaiknya dilakukan dengan penuh kesabaran, arahan yang positif. 3) Adanya dukungan dari orang-orang terdekat mahasiswa agar mereka selalu yakin atas dorongan yang diberikan dari orang-orang terdekat sangatlah berarti.
11145000550 | ALV s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain