Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2017/2018.
SAPUTRI, TIFFANA MAHESWARY PRAGITA. 2018. NPM 1114500060 “Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Pendekatan Humanistik Dalam Meningkatkan Konsep Diri Positif Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
1. Pembimbing I : Dr. H. Suriswo, M.Pd
2. Pembimbing II : Drs. Sukoco KW, M.Pd
Kata kunci : Konsep Diri, Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Pendekatan Humanistik
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep diri positif peserta didik sebelum dan sesudah di berikan layanan bimbingan klasikal menggunakan pendekatan humanistik serta untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal mengunakan pendekatan humanistik dalam meningkatkan konsep diri positif pada peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2017/2018.
Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018 sejumlah 136. Jumlah sampel dalam penelitian ada 32 peserta didik. Instrument yang digunakan dalam penelitian yaitu angket. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Analisis data penelitian ini menggunakan uji analisis deskriptif presentase dan uji t-test.
Berdasarkan hasil analisis data di atas konsep diri positif peserta didik sebelum layanan bimbingan klasikal menggunakan pendekatan humanistik memperoleh presentase 28,125% dalam kriteria kurang. Sedangkan konsep diri positif peserta didik setelah layanan bimbingan klasikal menggunakan pendekatan humanistik memperoleh presentase sebanyak 37,5% termasuk dalam kriteria tinggi. Hasil analisis t-test adalah thitung = 7,380 dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan N - 1 = 32 – 1 = 31, maka didapat ttabel = 2,038. Dengan demikian thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan layanan bimbingan klasikal menggunakan pendekatan humanistik dalam meningkatkan konsep diri positif. Saran bagi sekolah, perlu ditingkatkan adanya layanan bimbingan klasikal menggunakan pendekatan humanistik.
11145000600 | SAP p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain