Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Semester Genap pada Materi Pokok Segiempat dan Segitiga T
JANNAH, MIFTACHUL. 2018. “Keefektifan Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan CD Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Peserta Didik (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII SMP Neegeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Semester Genap pada Materi Pokok Segiempat dan Segitiga Tahun Pelajaran 2017/2018)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W,M.Pd.
Pembimbing II Ibnu Sina, S.T., M.Pd., M.Kom.
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan CD Pembelajaran, Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Awal Peserta Didik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan CD pembelajaran dapat melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal 60%, 2) apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan CD pembelajaran dengan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori, 3) apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan CD pembelajaran lebih efektif daripada prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan awal tinggi, 4) apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan CD pembelajaran lebih efektif daripada prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan awal rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kramat semester genap tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 288 orang. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling . Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen, 2 kelas sebagai kelas kontrol, dan 1 kelas sebagai kelas uji coba, sebanyak 160 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji rancangan acak kelompok, uji-t satu pihak kanan, dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan CD pembelajaran yang nilainya paling kecil 72 melampaui 60%, 2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan CD pembelajaran dengan peserta didik yang diajar menggunakan model Ekspositori, 3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan CD pembelajaran lebih efektif daripada prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran Ekspositori ditinjau dari kemampuan awal tinggi, 4) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan CD pembelajaran lebih efektif daripada prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan awal rendah dengan.
17145000320 | JAN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain