Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTU LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP N 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018)
AZIZAH, NUR. 2018. “Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match Berbantu Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Terhadap Prestasi Dan Motivasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP N 2 KRAMAT Tahun Pelajaran 2017 / 2018)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Ponoharjo, M.Pd
Pembimbing II Dr. Purwo Susongko, M.Pd
Kata Kunci: Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match, Prestasi Belajar Matematika, dan Motivasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan : (1)Mendeskripsikan apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran make a match berbantu LKPD mencapai target / KKM.(2)Mendeskripsikan apakah ada perbedaan prestasi dan motivasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran make a match berbantu LKPD dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional berbantu LKPD.(3)Mendeskripsikan apakah model pembelajaran make a match berbantu LKPD lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional berbantu LKPD terhadap prestasi dan motivasi belajar matematika peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 KRAMAT Tahun Ajaran 2017 / 2018 yang terdiri dari 321 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 142 peserta didik.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi,Tes prestasi dan Angket. Uji Instrumen yang digunakan adalah dengan penerapan rasch model melalui program R. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava satu arah sebelum penelitian, dan Uji Proporsi satu pihak kanan, Uji manova dan Uji hotelling untuk setelah penelitian.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1)Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Make A Match berbantu LKPD mencapai target. (2)Ada perbedaan prestasi dan motivasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Make A Match berbantu LKPD dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional berbantu LKPD.(3)Prestasi dan motivasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Make A Match berbantu LKPD lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional berbantu LKPD.
17145000590 | AZI k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain