Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN WORD SQUARE TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI Semester 2 SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 pada Materi Pokok Turunan Fungsi Aljabar)
Prabandari, Devi Rachmadini. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Group Investigation berbantuan Word Square terhadap Keaktifan Peserta Didik dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI Semester Genap SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 pada Materi Pokok Turunan Fungsi Aljabar). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si., M.Pd.
Pembimbing II Drs. Suwandono, M.Pd.
Kata Kunci : Keefektifan, Group Investigation, Word Square, Keaktifan, Prestasi Belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran GI berbantuan Word Square mencapai target, 2) keaktifan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran GI berbantuan Word Square lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional, 3) prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran GI lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional, 4) ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran GI berbantuan Word Square dengan model pembelajaran Konvensional, 5) model pembelajaran GI berbantuan Word Square terhadap keaktifan dan prestasi belajar peserta didik lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Semester Genap SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 171 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan cluster random sampling dan terpilih kelas XI IS 2 sebagai kelas eksperimen, kelas XI IS 1 sebagai kelas kontrol serta XI IS 3 sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Instrumen telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji proporsi, uji t satu pihak kanan, MANOVA dan τ2–Hotelling yang sebelumnya telah memenuhi uji normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menyatakan bahwa : 1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model GI berbantuan Word Square mencapai target, 2) keaktifan peserta didik yang diajar menggunakan model GI berbantuan Word Square lebih baik daripada model Konvensional, 3) prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model GI berbantuan Word Square lebih baik daripada model Konvensional, 4) ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model GI berbantuan Word Square dengan model Konvensional, 5) model pembelajaran GI berbantuan Word Square terhadap keaktifan dan prestasi belajar peserta didik lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional
17145000230 | PRA k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain