Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI MATRIKS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN CD (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X Teknika Kapal Niaga SMK Baruna Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018)
CIPTANTO, AGUS. 2018. Skripsi. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Matriks Melalui Penerapan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan CD (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X Teknika Kapal Niaga SMK Baruna Dukuhwaru KabupatenTegal Tahun Pelajaran 2017/2018). Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W. M.Pd Pembimbing II : Rizqi Amaliyakh, M.Pd.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui peningkatan hasil belajar matematika materi operasi matriks melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan CD Pada Siswa Kelas X Teknika Kapal Niaga SMK Baruna Dukuhwaru Kabupaten Tegal.
Setting penelitian ini adalah kelas X Teknika Kapal Niaga SMK Baruna Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan (action research). Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan CD dapat meningkatan hasil belajar matematika materi operasi matriks pada siswa kelas X Teknika Kapal Niaga SMK Baruna Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Hal ini ditunjukan pada nilai tes hasil belajar pada pra siklus dalam kategori rendah, pada siklus I dalam kategori sedang kemudian pada siklus II dalam kategori tinggi. Sementara nilai ketuntasan pada pra siklus hanya terdapat 4 siswa yang tuntas, kemudian pada siklus I meningkat jadi 14 siswa yang tuntas dan pada siklus II semua siswa mencapai nilai ketuntasan sebanyak 30 siswa. Sementara itu juga dari pengamatan motivasi belajar siswa pada pra siklus dalam kategori rendah, pada siklus I dalam kategori sedang kemudian pada siklus II dalam kategori tinggi. Nilai persentase rata-rata pada pra siklus sebesar 40,7%, pada siklus I sebesar 64,3%, dan siklus II sebesar 81,2%. Pada siklus II nilai rata-rata sudah mencapai KKM secara keseluruhan dengan kriteria jika tindakan baik maka ketuntasan ≥ 80%.
Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah gagi guru yang memiliki siswa kesulitan belajar, maka penerapan pendekatan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan CD dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dalam belajar siswa.
17145000790 | CIP u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain