Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD MELALUI PENDEKATAN VISUAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP N 3 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 Materi Pokok Segi Empat)
SYAHID, BALKHI NUR. 2018, “Keefektifan Model Pembelajaran STAD melalui pendekatan Visual Thinking terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematika Peserta Didik (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 Pada Materi Pokok Segi Empat)” Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W.,M.Pd
Pembimbing II Drs. Suwandono,M.Pd
Kata kunci : Keefektifan, Model STAD, Pendekatan Visual Thinking, Kemampuan Pemecahan, Kemampuan Koneksi, Matematika.
Keefektifan merupakan suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target telah tercapai. Dimana makin besar presentase target yang dicapai, maka makin tinggi efektifitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Model pembelajaran STAD melalui pendekatan Visual Thinking lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap Kemampuan Pemecahan Masalaah dan Koneksi matematika peserta didik, (3)adanya perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi matematika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran STAD melalui pendekatan Visual Thinking dan pembelajaran konvensional, (4)model pembelajaran STAD melalui pendekatan Visual Thinking lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap Kemampuan Pemecahan Masalaah dan Koneksi matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Adiwerna Kabupaten Tegal semester II tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 329 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunkan teknik dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes. Instrumen telah teruji validitas dan reabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji t satu pihak kanan, uji analisis varians multivariat satu arah dan τ^2-Hotteling.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran STAD melalui pendekatan Visual Thinking lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah peserta didik,(2) Model pembelajaran STAD melalui pendekatan Visual Thinking lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap Koneksi Matematika peserta didik (3)ada perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan medel pembelajaran STAD melalui pendekatan Visual Thinking dengan model pembelajaran konvensional, (4)model pembelajaran STAD melalui pendekatan Visual Thinking lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematika peserta didik kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2017/2018 pada materi pokok segi empat.
17145000210 | SYA k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain