Skripsi
EFEKTIVITAS METODE REKREASI MATEMATIKA DETIK DENGAN LEVEL A2 TERHADAP TINGKAT KESIAPAN BELAJAR SISWA (Studi pada Siswa Kelas XI MIA Semester II SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Ajaran 2017/2018 pada Materi Pokok Polinomial)
DESI, DWI, JAYANTI. 2018. Evektifitas Metode Rekreasi Matematika Detik dengan Level A2 Terhadap Tingkat Kesiapan Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XI MIA Semester II SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Ajaran 2017/2018 pada Materi Pokok Polinomial) Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra.Eleonora Dwi W, M.Pd
Pembimbing II Wikan Budi Utami, M.Pd
Kata Kunci: metode rekreasi matematika detik level A2, kesiapan belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) adanya perbedaan tingkat kesiapan belajar siswa antara yang menggunakan metode rekreasi matematika detik dengan level A2 dengan yang menggunakan metode konvensional pada materi pokok polinomial;(2) adanya efektivitas yang lebih baik yang menggunakan metode rekreasi matematika detik dengan level A2 dari pada yang menggunakan metode konvensional pada materi pokok polinomial.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Al-Irsyad Kota Tegal sebanyak 70 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, sehingga seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan tes. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Anava dan uji t pihak kanan dengan bantuan SPSS versi 20 pada Independent Sanple T Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan tingkat kesiapan belajar siswa antara yang menggunakan metode rekreasi matematika detik dengan level A2 dengan yang menggunakan metode konvensional pada materi pokok polinomial;(2) menggunakan metode rekreasi matematika detik dengan level A2 lebih efektif dari pada menggunakan metode konvensional pada materi pokok polinomial.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada siswa untuk dapat lebih siap dan mampu menguasai kemampuan hitung dasar TKKB pada bilangan bulat sebagai prasyarat ke pembelajaran berikutnya, kepada pihak guru diharapkan mampu menerapkan metode alternatif selain dari metode konvensional dalam pembelajaran.
17145000220 | JAY e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain