Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MOTIVASI, KETERAMPILAN PROSES DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018 pada Ma
RIZQI, NOVIA. 2018. “Keefektifan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Motivasi, Keterampilan Proses dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018 pada Materi Pokok Trigonometri)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si., M.Pd.
Pembimbing II Ibnu Sina, S.T., M.Pd., M.Kom.
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Motivasi, Keterampilan Proses, Prestasi Belajar Matematika.
Prestasi belajar matematika peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Jatibarang Kabupaten Brebes sebagian belum mencapai KKM. Hal ini disebabkan peserta didik kurang termotivasi dalam proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap keterampilan proses dan prestasi belajar matematika. Berkaitan dengan hal ini perlu adanya variasi dalam pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan adalah penerapan model pembelajaran SFE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE yang nilainya lebih dari atau sama dengan 70 melampaui 37%, 2) motivasi, keterampilan proses kemudian prestasi belajar matematika peserta didik lebih baik yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE daripada model pembelajaran konvensional, 3) adanya perbedaan motivasi, keterampilan proses dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE dengan model pembelajaran konvensional, 4) model pembelajaran SFE lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap motivasi, keterampilan proses dan prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA semester genap SMA Negeri 1 Jatibarang tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 1 kelas sebagai kelas eksperimen, 1 kelas sebagai kelas kontrol, dan 1 kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji-t satu pihak kanan, uji manova serta uji hottling dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE yang nilainya lebih dari atau sama dengan 70 melampaui 37%, 2) motivasi, keterampilan proses kemudian prestasi belajar matematika peserta didik lebih baik yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE daripada model pembelajaran konvensional, 3) ada perbedaan motivasi, keterampilan proses dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 4) model pembelajaran SFE lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap motivasi, keterampilan proses dan prestasi belajar matematika.
17145000340 | RIZ k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain