Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018 Pokok Bahasan Segiempat)
NURHIDAYAH, RIZKI, 2018. “Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu penelitian pada Peserta Didik kelas VII Semeseter II SMP Negeri 1 Ampelgading Kabupatn Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018 Pokok Bahasan Segiempat)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing 1 Drs. Ponoharjo, M.Pd
Pembimbing II Dr. Purwo Susongko, M.Pd
Kata Kunci : Keefektifan, Think Pair Share, model pembelajaran TPS, LKPD, rasch model dan prestasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TPS dengan penggunaan LKPD mencapai target (2) Adanya perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS dengan penggunaan LKPD dengan ekspositori dengan penggunaan LKPD (3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS dengan penggunaan LKPD lebih baik dibandingkan model pembelajaran ekspositori dengan penggunaan LKPD.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester II SMP Neger 1 Ampelgading tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 283 peserta didik yang terbagi dalam 9 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample dan Cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 1 kelas eksperimen, 1 kelas kontrol, dan 2 kelas uji coba. Uji validitas menggunakan model rasch. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dengan taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji-t dua pihak, dan uji-t satu pihak kanan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TPS dengan penggunaan LKPD mencapai target (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TPS dengan penggunaan LKPD dengan ekspositori dengan penggunaan LKPD (3) Prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TPS dengan penggunaan LKPD lebih baik dibandingkan model ekspositori dengan penggunaan LKPD.
17145000620 | NUR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain