Skripsi
PENERAPAN BIMBINGAN KLASIKAL MELALUI METODE MIND MAPPING PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIKSMK N 2 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Studi PTBK pada kelas XI Pemasaran 2)
FAUZIAH, LINDA. 2018. “Penerapan Bimbingan Klasikal Melalui Metode Mind Mapping Perencanaan Karir Peserta Didik SMK N 2 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Suriswo, M.Pd
Pembimbing II Mulyani, M.Pd
Kata Kunci :Bimbingan Klasikal, Perencanaan Karir
Latar belakang, penelitian adanya peserta didik yang belum mampu untuk merencanakaan karir setelah lulus dari sekolah, belum diterapkannya metode mind mapping dalam perencanaan karir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan penerapan layanan klasikal perencanaan karir sebelum dan sesudah diberikan layanan klasikal perencanaan karir melalui metode pembelajaran mind mapping di SMK Negeri 2 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling (PTBK) sampel 30 peserta didik. Alat pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dokumentasi. Penelitian tindakan ini terdiri dari empat komponen pokok: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Indikator keberhasilan sesuai dengan kesepakatan peneliti dengan guru BK sekolah yaitu 75%.
Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan bimbingan klasikal metode mind mapping 61,33% pada siklus I, sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 78%. Berdasarkan analisis deskriptif, Aktifitas guru BK dalam pemberian layanan bimbingan klasikal metode mind mapping pada siklus I 70%, sedangkan siklus II diperoleh 90%. Hasil penelitian perencanaan karir peserta didik mencapai 66,2% pada siklus I, sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 77%. Melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75% sehingga layanan bimbingan klasikal metode mind mapping dikatakan telah berhasil dan penelitian dihentikan. Terdapat penerapan bimbingan klasikal metode mind mapping perencanaan karir peserta didik kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 2 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini terbukti tingkat perencanaan karir peserta didik prasiklus sebesar 58%, siklus I 66,2%, siklus II 77%. Dari data tersebut terlihat adanya perbedaan yang siginifikan pada tiap-tiap siklus setelah dilakukan layanan bimbingan klasikal metode mind mapping.
Saran bagi penulis bahwa bimbingan klasikal metode mind mapping berperan dalam perencanaan karir peserta didik, untuk itu diharapkan pihak sekolh dapat menjadikan bahan evaluasi dalam layanan bimbingan klasikal selanjutnya.
11145000880 | FAU p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain