Skripsi
RAGAM BAHASA SANTAI PADA PENULISAN STIKER KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI RITA MALL KOTA TEGAL DAN IMPLIKASI PEMBELAJARANNYA DI SMA
INDRIYANI, ANI NURUL, 2018. Ragam Bahasa Santai pada Penulisan Stiker Kendaraan Bermotor Roda Dua di Rita Mall Kota Tegal dan Impliksi Pembelajarannya di SMA. Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Tri Mulyono, M. Pd.
Pembimbing II Lely Triana, M. Pd.
Kata Kunci : Ragam santai, stiker, pembelajaran bahasa Indonesia.
Penelitian ini membahas ragam bahasa santai pada penulisan stiker kendaraan bermotor roda dua di Rita Mall Kota Tegal dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan ragam bahasa santai pada penulisan stiker kendaraan bermotor roda dua di Rita Mall Kota Tegal, dan mendeskripsikan implikasi pembelajaran ragam bahasa santai di SMA.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kalimat ragam bahasa santai pada penulisan stiker kendaraan bermotor roda dua di Rita Mall Kota Tegal. wujud data penelitian ini adalah kalimat ragam bahasa santai pada penulisan stiker kendaraan bermotor roda dua di Rita Mall Kota Tegal. Pengumpulan data digunakan metode simak dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode agih dan penyajian hasil analisis secara informal.
Bedasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat diklasifikasikan sebagai berikut (1) penggunaan kata ganti pronomina persona diperoleh 14 data, (2) perulangan kata diperoleh sembilan data, (3) penghilangan fonem ditemukan tujuh data, (4) perubahan fonem ditemukan lima data, (5) penyingkatan kata ditemukan tiga data. Penlitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA pada materi teks negosiasi.
Saran dari penelitian ini bagi peserta didik adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia baik dalam perbendaharaan kata maupun kaidah kebahasaan yang baik dan benar. Bagi guru disarankan untuk mengajarkan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan kepada peserta didik dan mendorong peserta didik untuk meningkatkan perbendaharaan kata dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh untuk peserta didik.
15145000630 | NUR r C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain