Skripsi
RELASI MAKNA FILM ANIMASI KELUARGA SOMAT EPISODE FLYING FOX DAN EPISODE TETANGGA BARU SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Hidayati, Melianda Rizqi. 2018. “Relasi Makna Film Animasi Keluarga Somat Episode Flying Fox dan Episode Tetangga Baru serta Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum., Pembimbing II Syamsul Anwar, M.Pd.
Kata Kunci: relasi makna, film animasi, implikasi dan pembelajaran
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud relasi makna yang terkandung dalam tuturan film animasi keluarga somat episode flying fox dan episode tetangga baru, mendeskripsikan jenis relasi makna yang terdapat dalam film animasi keluarga somat episode flying fox dan episode tetanggga baru, dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah relasi makna. Sumber data dalam penelitian ini adalah film animasi keluarga somat episode flying fox dan episode tetangga baru. Wujud data dalam penelitian ini adalah tuturan yang mengandung relasi makna yang terdapat dalam dialog antar tokoh pada film animasi keluarga somat episode flying fox dan episode tetangga baru. Penyediaan data dilakukan dengan metode simak dengan teknik catat. Penyajian hasil analisis data disajikan secara informal, yaitu dengan kata-kata biasa tanpa lambang-lambang dan simbol-simbol.
Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa khususnya relasi makna di kelas X semester genap dengan kompetensi dasar membandingkan relasi makna antarkata dalam bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa dalam film animasi Keluarga Somat episode flying fox dan episode tetangga baru terdapat 18 data kata sinonimi, 3 data kata antonimi, 29 data kata homonimi, 1 data kata homografi, 1 data kata hiponimi, dan 1 data kata hipernimi.
Saran-saran yang ingin disampaikan oleh penulis antara lain: guru hendaknya dapat memanfaatkan relasi makna sebagai media tolak ukur penguasaan kosakata siswa dalam mengambil langkah untuk memberikan sebuah materi, para siswa hendaknya dalam memahami relasi makna dapat menggunakan jenis relasi makna sesuai dengan konteks.
15145000790 | HID r C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain