Skripsi
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES TERHADAP KESULITAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 pada Materi Pokok Segiempat)
Riana, Alfi. 2017. Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Model-Eliciting Activities Terhadap Kesulitan Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 pada Materi Pokok Segiempat). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si., M.Pd.
Pembimbing II Wikan Budi Utami, M.Pd.
Kata Kunci : Keefektifan, Model-Eliciting Activities, Kesulitan Belajar dan Prestasi Belajar.
Permasalahan utama yang terjadi dalam pembelajaran matematika adalah tingginya tingkat kesulitan belajar siswa saat mengikuti KBM, sehingga berdampak pada prestasi belajar yang rendah. Maka dari itu, perlu adanya proses pembelajaran yang mampu mengurangi tingkat kesulitan belajar kemudian mampu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran MEAs. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MEAs mencapai target, 2) kesulitan belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MEAs lebih rendah daripada model pembelajaran Konvensional, 3) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MEAs lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional, 4) ada perbedaan kesulitan belajar dan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MEAs dengan model pembelajaran Konvensional, 5) Model pembelajaran MEAs lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional terhadap kesulitan belajar dan prestasi belajar matematika siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 166 siswa. Dari populasi diambil sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas VII E eksperimen kelas VII C kontrol serta kelas VII A uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, angket dan tes. Instrumen telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji proporsi, uji t satu pihak kiri, uji t satu pihak kanan, MANOVA kemudian τ2–Hotelling setelah data berdistribusi normal dan homogen.
Hasil penelitian menyatakan bahwa : 1) prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model MEAs mencapai target, 2) kesulitan belajar yang diajar menggunakan model MEAs lebih rendah daripada model Konvensional, 3) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model MEA lebih baik daripada model Konvensional, 4) ada perbedaan kesulitan belajar dan prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan model MEAs dengan model Konvensional, 5) Model MEAs lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional terhadap kesulitan belajar dan prestasi belajar matematika siswa.
17145000400 | RIA k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain