Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN TUTOR SEBAYA TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap Pokok Bahasan Segiempat SMP Negeri 2 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018)
PURWANDARI, WINDA OKTAVIA. 2018.Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing berbantuan Tutor Sebaya terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Pokok Segiempat(Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Ponoharjo, M.Pd
Pembimbing II Wikan Budi Utami, M.Pd
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Tutor Sebaya, Minat Belajar, Prestasi Belajar Matematika.
Tujuan penelitian ini untuk membuktikan: 1) prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan tutor sebaya mencapai target, 2) minat dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan tutor sebaya lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing tanpa berbantuan tutor sebaya, dan 3) ada perbedaan antara minat dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan tutor sebaya dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing tanpa berbantuan tutor sebaya.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Larangan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah peserta didik 89 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes dan angket, sebelumnya data diuji dengan validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji-t satu pihak kanan, uji manova satu arah, dan uji τ^2-Hotelling, dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan tutor sebaya mencapai target, 2) minat dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan tutor sebaya lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing tanpa berbantuan tutor sebaya, dan 3) ada perbedaan antara minat dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan tutor sebaya dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing tanpa berbantuan tutor sebaya.
17135001110 | PUR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain