Skripsi
EFEKTIVITAS STRATEGI THINK TALK WRITE MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN PESERTA DIDIK Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018
SEKHA, FIKA NUR. 2018. Efektivitas Strategi Think Talk Write Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Peserta Didik (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018 Materi Pokok Aritmatika Sosial). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi Wahyuningsih, M.Pd
Pembimbing II Rizqi Amaliyakh, M.Pd
Kata Kunci: Efektivitas, Strategi Think Talk Write, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR), Prestasi Belajar Matematika, Keaktifan Peserta Didik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan strategi Think Talk Write melalui pendekatan PMR pada materi pokok aritmatika sosial mencapai 60% dengan KKM 75. (2) Mendeskripsikan adanya perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik pada materi pokok aritmatika sosial yang diajar menggunakan strategi Think Talk Write melalui pendekatan PMR dengan strategi pembelajaran konvensional. (3) Membandingkan strategi Think Talk Write melalui pendekatan PMR lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika peserta didik ditinjau dari keaktifan tinggi. (4) Membandingkan strategi pembelajaran konvensional lebih baik dibandingkan dengan strategi Think Talk Write melalui pendekatan PMR terhadap prestasi belajar matematika peserta didik ditinjau dari keaktifan rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 256 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik porpusive sampling kemudian dilanjutkan Cluster Random Sampling terdiri dari 160 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan tes.
Analisis data yang digunakan adalah uji satu proporsi, Rancangan Acak Kelompok (RAK), dan uji t satu pihak kanan. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan strategi Think Talk Write melalui pendekatan PMR pada materi pokok aritmatika sosial mencapai 60% dengan KKM 75. (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan strategi Think Talk Write melalui pendekatan PMR dengan strategi pembelajaran konvensional. (3) Strategi Think Talk Write melalui pendekatan PMR lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika peserta didik ditinjau dari keaktifan tinggi. (4) Strategi Think Talk Write melalui pendekatan PMR lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika peserta didik ditinjau dari keaktifan rendah.
17145000510 | SEK e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain