Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK ( Studi Penelitian pada Peserta Didik dengan Materi Pokok Aritmetika Sosial Kelas VII Semester II SMP Negeri 5 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018)
PURNOMO, ELZHA ANINDITA. 2018. Efektivitas Model Problem Based Instruction terhadap kemampuan berfikir kreatif ditinjau dari keaktifan belajar peserta didik (Studi penelitian pada peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 5Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun pelajaran 2017/2018 pada Materi Pokok Aritmetika Sosial). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PancasaktiTegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd
Pembimbing II M.ShaefurRokhman, M.Si
Kata Kunci: Efektivitas, Model Problem Based Instruction, Keaktifan Belajar, Kemampuan Berfikir Kreatif
Kemampuan berfikir kreatif peserta didik kelas VIISMP Negeri 5 Ulujami sebagian masih kurang tingkat kreatifitasnya. Berkaitan hal ini perlu adanya variasi dalam pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik untuk lebih aktif. Upaya yang dapat digunakan adalah penerapan model pembelajaran problem based instruction. Penelitian ini bertujuan : (1) Ada perbedaan kemampuan berfikir kreatif antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based instruction dengan peserta didik yang diajar secara konvensional. (2) Mendeskripsikan apakah pembelajaran pada materi pokok Aritmetika Sosial menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction lebih baik daripada pembelajaran secara konvensional terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik ditinjau dari keaktifan tinggi. (3) Mendeskripsikan apakah pembelajaran pada materi pokok Aritmetika Sosial dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instructionlebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik ditinjau dari keaktifan rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 5Ulujami Tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 192 pesera didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling yang terdiri atas 160pesertadidik.Sampelpenelitianiniadalahpesertadidikkelas VII A dan B sebagai kelas eksperimen, kelas VII C dan E sebagai kelas control dan kelas VII D sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Ragam Percobaan Faktorial Dua Faktor dengan RAL serta uji –t satu pihak kanan dengan taraf signifikansi 5%. Dengan terlebih dahulu data diuji menggunakan uji liliefors dan uji bartlett.
Hasil penelitian ini diperoleh: (1) Terdapat perbedaan kemampuan berfikir kreatif antara peserta didik yang diajar menggunakan model problem based instruction dengan pembelajaran yang diajar secara konvensional. (2) Kemampuan berfikir kreatif yang diajar menggunakan model problem based instruction lebih baik dari pada pembelajaran yang diajar secara konvensional ditinjau dari keaktifan tinggi. (3) Kemampuan berfikir kreatif yang diajar menggunakan model problem based instruction tidak lebih baik dari pada pembelajaran yang diajar secara konvensional ditinjau dari keaktifan rendah.
17145000140 | PUR e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain