Skripsi
AMBIGUITAS GRAMATIKAL PADA PENULISAN MEDIA LUAR RUANG DI KOTA TEGAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
NURFIANA, SUCI. 2018. Ambiguitas Gramatikal pada Penulisan Media Luar Ruang di Kota Tegal dan Implikasinya tehadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi. Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Sri Mulyati, M.Pd,
Pembimbing II Lely Triana, M.Pd,
Kata Kunci : ambiguitas, pembelajaran bahasa Indonesia
Penelitian ini membahas ambiguitas yang terjadi pada media luar ruang di kota Tegal dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis ambiguitas yang terjadi pada penulisan media luar ruang di kota Tegal dan mendeskripsikan implikasi penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah penulisan pada media luar ruang di kota Tegal. Wujud data penelitian ini adalah kata, frasa, dan klausa yang mengandung ambiguitas pada penulisan media luar ruang di kota Tegal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode agih dengan teknik lesap, ganti, sisip, balik, perluas, ubah ujud. Teknik penyajian hasil analisis menggunakan metode penyajian informal.
Penelitian ini menemukan 27 data ambiguitas gramatikal. Ambiguitas gramatikal pada tataran frasa sebanyak 11 data, dan pada tataran klausa sebanyak 16 data. Penelitian ini dapat diimplikasikan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XI semester 2 pada materi penulisan karya ilmiah.
Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia baik dalam perbendaharaan kata maupun kaidah kebahasaan yang baik dan benar. Pihak guru disarankan untuk mengajarkan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan kepada siswa serta mendorong siswa untuk meningkatkan perbendaharaan kata dan menerapkannya dalam sehari-hari sebagai contoh untuk siswa.
15145000920 | NUR a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain