Skripsi
PERAN LAYANAN INFORMASI KARIR TERHADAP PEMAHAMAN KEPUTUSAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS X TO 2 SMK N 2 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas X TO 2 )
KHASANAH, ANI MARIFATUN 2018. Peran Layanan Informasi Karir terhadap Pemahaman Keputusan Karir Peserta Didik Kelas X SMK N 2 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 (Studi PTBK pada Peserta Didik Kelas X TO 2 ). Skripsi. Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. H. Suriswo, M.Pd.
Pembimbing II Dr. Maufur, M.Pd
Kata Kunci : informasi karir, Pemahaman keputusan karir.
Layanan informasi karir merupakan suatau layanan yang memberikan informasi maupun bimbingan terhadap peserta didik agar dapat mengetahui tentang karir yang ada di masyarakat sesuai dengan potensi diri yang dimiliki. Peran aktif Guru BK/ Konselor dan peserta didik sangat membantu kelancaran dan berhasilnya layanan informasi karir. Layanan informasi karir dapat mempermudah peserta didik dalam merencanakan keputusan karir sesuai dengan pemahaman dan potensi diri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pelaksanaan layananan informasi karir pada peserta didik kelas X TO 2. 2) Pemahaman peserta didik kelas X TO 2 mengenai keputusan karir setelah lulus sekolah. 3)Apakah layanan informasi karir yang dilaksanakan guru BK dapat membantu peserta didik dalam memahami keputusan karir dimasa depan. 4)peran layanan informasi karir terhadap pemahaman keputusan karir peserta didik kelas X TO 2 SMK N 2 SlawiKabupatenTegalTahunPelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan mengguanakan Penelitian Tindakan dalam Bimbingan Konseling (PTBK), subyek dalam penelitian ini peserta didik kelas X TO 2 SMK N 2 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 30 peserta didik. Metode yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus, mencakup empat komponen: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian yaitu 75% sesuai dengan kesepakatan dengan Guru BK.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1). Sebelum dilaksanakan layanan informasi diperoleh rata-rata 58,11% pada siklus I, dan pada siklus II diperoleh rata-rata 79,60%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan informasi karir sudah baik karena hasil yang diperoleh telah melampaui indikator yang ditetapkan yaitu 75%. 2). Tingkat pemahaman terhadap keputusan karir pada siklus I terdapat 64,67% dan pada siklus II 80,00%. Hasil persiklusnya mengalami peningkatan sehingga dapat disimpulkan peserta didik sudah paham akan keputusan karir setelah lulus sekolah. 3). layanan informasi karir yang dilakukan guru BK sangat membantu peserta didik dalam memahamai keputusan karir dimasa depan. Hal tersebut dapat dilihat pada tingkah laku peserta didik dalam mengetahui bakat, minat yang dimiliki dan mengetahui tentang informasi karir setelah lulus dari sekolah dan sudah merasa siap untuk bekerja setelah lulus sekolah. 4). Berdasarakan analisis data baik data kuantitatif maupun kualitatif diperoleh peningkatan aktifitas peserta didik dalam pelaksanaan layanan informasi karir yaitu 79,60% -58,11% = 21,49% sedangkan tingkat pemahaman keputusan karir 80,00% - 46,67% = 33,33% dengan demikian hipotesis tindakan diterima yang berbunyi “Adanya peran layanan informasi karir terhadap pemahaman keputusan karir peserta didik kelas X TO 2 SMK N 2 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018”.
Saran penulis, diharapkan sekolah yang menjadikan penelitian ini untuk reverensi pengetahuan tentang pengaruh layanan informasi karir dalam memutuskan karir setelah lulus sekolah. Bagi guru pembimbing sebaiknya dapat memanfaatkan layanan informasi karir untuk mngantisipasi peserta didik dengan memberikan secara rutin dan terjadwal.
11145000680 | KHA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain