Skripsi
PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL
ALIYAH, HIMATUL. 2018. Pengaruh minat belajar dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar akuntansi dasar siswa kelas X program keahlian akuntansi Smk Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PancasaktiTegal.
Pembimbing 1. Dr. Hj Faridah, M.Si
Pembimbing 2. Neni Hendaryati, M.Pd
Kata Kunci : minat belajar, kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh minat belajar dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar akuntansi dasar siswa kelas X program keahlian akuntansi Smk Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Dukuhturi yang berjumlah 180 siswa. Sampel ditetapkan dengan teknik proporsional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji signifikansi, regresi linear sederhana dan regresi linear ganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar yang dibuktikan dengan hasil uji signifikan diketahui thitung sebesar 6,003, kemudian t-hitung dikonsultasikan dengan t-tabel untuk N-
64 dengan tingkat kesalahan 5% adalah 2,000, thitung>ttabel yaitu 6,003 > 2,000, dan
diketahui persamaan perhitungan analisis regresi linear sederhana Y= 54,061 + 0,327 X.
Maka diterima dan ditolak. Kemudian diketahui ada pegaruh positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar yang dibuktikan dengan hasil uji signifikan diketahui thitung sebesar 6,511 , kemudian t-hitung
dikonsultasikan dengan t-tabel untuk N- 64 dengan tingkat kesalahan 5% adalah 2,000,
thitung>ttabel yaitu 6,511 > 2,000, dan diketahui persamaan perhitungan analisis regresi
linear sederhana Y= 48,329 + 0,396 X. Maka diterima dan ditolak. Selanjutnya
ada pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar yang dibuktikan dengan hasil uji signifikan diketahui f- hitung sebesar 21,83 dikonsultasikan dengan f-tabel dengan N = 64 dan tingkat kesalahan
5% adalah = 3,14, f-hitung > f-tabel yaitu 21,83 > 3,14. Selanjutnya diketahui persamaan
perhitungan analisis regresi linear berganda Y= 57,70 + 0,72 + 0,47 . Maka
diterima dan ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada guru agar lebih memperhatikan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa untuk meningkatkan prestasi belajar. Minat belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang baik akan mempermudah siswa untuk memperoleh nilai yang baik dalam proses pembelajaran.
13145000460 | ALI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain