Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester II di SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal dengan Materi Pokok Segiempat dan Segitiga Tahun Ajaran 201
HANDAYANI, ANISA PUTRI. 2018. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Siswa (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal dengan Materi Pokok Segiempat dan Segitiga Tahun Pelajaran 2017/2018)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W, M.Pd
Pembimbing II Ahmadi, M.Si
Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Numbered Head Together, Prestasi Belajar Matematika, Motivasi Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together memenuhi KKM pada mata pelajaran matematika dengan target 60%, 2) apakah terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Nubered Head Together dengan model pembelajaran ekspositori, 3) apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Nubered Head Together lebih baik daripada yang diajar menggunakan model ekspositori ditinjau dari motivasi belajar tinggi, 4) apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Nubered Head Together tidak lebih baik daripada yang diajar menggunakan model ekspositori ditinjau dari motivasi belajar rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII semester II SMP N 1 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri atas 319 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampling random sampling yang terdiri dari 160 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, RAK (Rancangan Acak Kelompok) serta uji – t satu pihak kanan dan pihak kiri dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini diperoleh: 1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together memenuhi KKM pada mata pelajaran matematika dengan Zhitung = 1,939 2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Nubered Head Together dengan model pembelajaran ekspositori dengan Fhit = 90,936 3) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Nubered Head Together lebih baik daripada yang diajar menggunakan model ekspositori ditinjau dari motivasi belajar tinggi dengan thitung = 4,618, 4) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Nubered Head Together tidak lebih baik daripada yang diajar menggunakan model ekspositori ditinjau dari motivasi belajar rendah dengan thitung = 5,378.
17145000200 | HAN e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain