Skripsi
PENGGUNAAN KONJUNGSI PADA CERPEN KARANGAN SISWA KELAS XI IS SMA AL-IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
PAJARWATI, DIYAN, 2018. Penggunaan Konjungsi Pada Cerpen Karangan Siswa Kelas XI IS SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dra. Sri Mulyati, M.Pd.
Pembimbing II : Afsun Aulia Nirmala, M.Pd.
Kata kunci: konjungsi, karangan, cerpen
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan konjungsi dan fungsinya yang digunakan dalam cerpen karangan siswa kelas XI IS SMA Al-Irsyan Kota Tegal tahun ajaran 2017/2018 dan mendeskripsikan ketepatan penggunaan konjungsi pada cerpen karangan siswa kelas XI IS SMA Al-Irsyad Kota Tegal tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode simak dan catat.
Berdasarkan hasil analisis data secara keseluruhan yaitu 20 cerpen karangan siswa kelas XI IS SMA Al-Irsyad Kota Tegal tahun ajaran 2017/2018 ditemukan 14 jenis konjungsi koordinatif yang terdiri dari konjungsi dan, atau, serta, tetapi, sedangkan, melainkan, hanya, bahwa, malah(malahan, apalagi, lalu, kemudian, yaitu, adalah. 25 jenis Konjungsi subordinatif yang terdiri dari karena, sebab, sejak/semenjak, ketika, saat, sambil, setelah, sesudah, sehabis, sebelum, hingga, sehingga, sampai, maka, jika, kalau, asal, agar, biar, meskipun, walaupun, seperti, bahwa, yang, sama dengan, lebih...dari(pada)konjungsi. 3 jenis konjungsi korelatif yang terdiri dari konjungsi entah mungkin karena...atau mungkin karena, kalaupun...hanya...itupun, entah...ataupun. 10 jenis konjungsi antarkalimat terdiri dari konjungsi setelah itu, bahkan, akan tetapi, namun, oleh karena itu, lantas, sebetulnya, sejujurnya, jujur saja, akhirnya.
Kesalahan penggunaan konjungsi ditemukan sebanyak 104, pada konjungsi koordinatif terdiri dari kesalahan penggunaan konjungsi dan sebanyak 44 kali, konjungsi kemudian sebanyak 3 kali, konjungsi atau sebanyak 4 kali, konjungsi tetapi/tapi sebanyak 15 kali, konjungsi sedangkan, yaitu, hanya, dan serta sebanyak 1 kali. Kesalahan penggunaan konjungsi subordinatif terdiri dari kesalahan penggunaan konjungsi yang sebanyak 4 kali, konjungsi sambil 4 kali, konjungsi sehingga 4 kali, konjungsi karena, sebab, lebih...daripada, ketika, malah (malahan), sehingga dan konjungsi hingga masing-masing sebanyak 1kali. Selanjutnya kesalahan konjungsi antarkalimat terdiri dari konjungsi namun 14 kali, konjungsi akan tetapi, setelah itu, dan oleh karena itu masing-masing 1kali.
15145000680 | PAJ p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain