Skripsi
PENGARUH MANFAAT PEMASARAN RELASIONAL (RELATIONSHIP MARKETING), PENANGANAN KELUHAN (COMPLAINT HANDLING), DAN DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS NASABAH KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA BRI UNIT GUMAYUN CABANG SLAWI DI KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL
Sri Wahyuni. “Pengaruh Manfaat Pemasaran Relasional (Relationship Marketing), Penanganan Keluhan (Complaint Handling), Dan Diversifikasi Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pada BRI Unit Gumayun Cabang Slawi Di Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal”. Skripsi. Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2018.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui pengaruh manfaat pemasaran relasional terhadap loyalitas nasabah KUR pada BRI Unit Gumayun Cabang Slawi. 2) Mengetahui pengaruh penanganan keluhan terhadap loyalitas nasabah KUR pada BRI Unit Gumayun Cabang Slawi. 3) Mengetahui pengaruh diversifikasi produk terhadap loyalitas nasabah KUR pada BRI Unit Gumayun Cabang Slawi. 4) Mengetahui pengaruh manfaat pemasaran relasional, penanganan keluhan, dan diversifikasi produk terhadap loyalitas nasabah KUR pada BRI Unit Gumayun Cabang Slawi.
Hipotesis penelitian adalah : 1) Diduga ada pengaruh manfaat pemasaran relasional terhadap loyalitas nasabah. 2) Diduga ada pengaruh penanganan keluhan terhadap loyalitas nasabah. 3) Diduga ada pengaruh diversifikasi produk terhadap loyalitas nasabah. 4) Diduga ada pengaruh manfaat pemasaran relasional, penanganan keluhan, dan diversifikasi produk terhadap loyalitas nasabah.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah kesioner. Sedangkan metode analisis data dan uji hipotesis yang digunakan adalah analisis korelasi rank spearman, uji signifikansi koefisien korelasi rank spearnan, analisis korelasi berganda, uji signifikansi koefisien korelasi berganda, dan uji koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : 1) Terdapat pengaruh manfaat pemasaran relasional terhadap loyalitas nasabah. Hal tersebut dibuktikan dengan analisis data dalam penelitian ini diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,552 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh penanganan keluhan terhadap loyalitas nasabah. Hal tersebut dibuktikan dengan analisis data dalam penelitian ini diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,267 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh diversifikasi produk terhadap loyalitas nasabah. Hal tersebut dibuktikan dengan analisis data dalam penelitian ini diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,451 dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05. 4) Terdapat pengaruh manfaat pemasaran relasional, penanganan keluhan, dan diversifikasi produk terhadap loyalitas nasabah. Hal tersebut dibuktikan dengan analisis data dalam penelitian ini diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,635 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Besarnya uji koefisien determinasi sebesar 40,3 % yang berarti bahwa total variabel dari loyalitas nasabah dapat dijelaskan dengan variabel pemasaran relasional, penanganan keluhan, dan diversifikasi produk, sedangkan 59,7 % dijelaskan oleh factor lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Pemasaran Relasional, Penanganan Keluhan, Diversifikasi Produk, dan Loyalitas Nasabah
41145002200 | WAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain