Skripsi
PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI KARYA CHAIRIL ANWAR DENGAN METODE GORDON DAN IMPLIKASI PEMBELAJARANNYA DI SMA
IMAS PRAPITASARI. 2018. “Pembelajaran Apresiasi Puisi Karya Chairil Anwar dengan Model Gordon dan Implikasi Pembelajarannya di SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Tri Mulyono, M.Pd., Pembimbing II Vita Ika Sari M.Pd.
Kata kunci: Menulis Puisi, Teknik Pembelajaran
Penelitian ini mengkaji tentang Pembelajaran apresiasi puisi karya Chairil Anwar dengan model gordon danmenjelaskankan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran sastra di SMA.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah Teori Apresiasi Puisi,Model Penelitian Sastra,dan beberapa puisi karya Chairil Anwar. Teknik penyediaan data yang digunakan adalah Teknik pengumpulan data, Analisis data menggunakan model Gordon yang alat penentunya adalah siswa. Penyajian analisis data dalam penelitian ini, yaitu dengan menggunakan penyajian hasil analisis data secara formal.
Hasil penelitian iniditemukan pembelajaran menulis puisi masih mengalami hambatan.Hambatan tersebut berasal dari siswa maupun guru.Siswa cenderung lebih menyukai menulis karangan ilmiah populer dari pada menulis puisi. Menulis Puisi terkadang menjadi beban terberat bagi siswa.Hal ini karena siswa beranggapan bahwa puisi terlalu berat dari segi bahasa maupun penafsirannya.Selain itu,belum tercapainnya tujuan pembelajaran menulis puisi yang dilakukan oleh guru menjadi penghambat pembelajaran menulis puisi dikelas.Dengan model Gordon danimplikasi hasil penelitian ini memiliki nilai positif untuk siswa pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.
Simpulan yang dapat diambil pada penelitian ini guru harus mulai mencaricara agar siswamau belajar menulis puisi.Guru harus memberikan teknik pembelajaran yang efektif dan kreatif kepada siswa di sekolah.Bahwa pemahaman menulis puisi dapat dipelajari harus ditanamkankepada siswa agar mereka mau terbuka untuk belajar puisi.Implikasinya hasil penelitian ini memiliki nilai positif pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Saran yang dapat diberikan terkait penelitian ini diharapkan pembaca dapat berlatih menulis puisi. karena dapat dijadikan pembelajaran nilai-nilai positif dalam pemahaman tentang karya sastra, serta dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya yang lebih baik.
15145000440 | PRA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain