Skripsi
TUTURAN IMPERATIF DALAM UNGGAHAN RISALAH MUSLIM DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
KHAWALINAH, AYU. 2018. Tuturan Imperatif dalam Unggahan Risalah Muslim di Media Sosial Instagram dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum.
Pembimbing II Khusnul Khotimah, M.Pd.
Kata Kunci : Imperatif, Tuturan, Implikasi
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) jenis tuturan imperatif apa saja yang digunakan pada unggahan risalah muslim di media sosial instagram, (2) bagaimana fungsi penggunaan tuturan imperatif pada unggahan risalah muslim di media sosial instagram dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan dan menganalisis jenis tuturan imperatif pada unggahan risalah muslim di media sosial instagram, (2) mendeskripsikan fungsi penggunaan tuturan imperatif pada unggahan risalah muslim di media sosial instagram dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu pragmatik. Data yang diperoleh berupa penggalan tuturan imperatif pada unggahan risalah muslim di media sosial instagram. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak catat dengan teknik Simak Bebas Libat Cakap. Metode ananlisis data menggunakan metode padan dan penyajian hasil secara informal.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ditemukan delapan bentuk tuturan imperatif yang digunakan dalam unggahan risalah muslim di media sosial instagram. Delapan bentuk tuturan tersebut diantaranya kalimat imperatif biasa dengan prosentase 5%, imperatif permintaan 2.5%, imperatif ajakan 2.5%, imperatif suruhan 30%, imperatif larangan 35%, imperatif ajakan dan harapan 5%, imperatif pembiaran 2.5%, dan imperatif imbauan 17.5%. Hasil penelitian tersebut dapat di implikasikan terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA khususnya kelas XI semester ganjil dengan materi perintah lisan baik yang diungkapkan maupun tidak.
15145000190 | KHA t C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain