Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIOR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK PGRI 1 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MAULANA PAREL NURUNG APRILLA , ANDI. 2018. Judul Skripsi “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavior Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMK PGRI 1 Taman Pemalang Tahun 2017/2018”, Progdi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Sukoco, KW, M.Pd
Pembimbing II Mulyani, M.Pd,
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Pendekatan Behavior, Prestasi Belajar
Peserta didik dihadapkan kepada berbagai macam persoalan yang timbul akibat motivasi dan kurangnya konsentrasi belajar. Hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa persoalan yang mereka hadapi berdampak terhadap hasil belajar mereka disekolah. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi merupakan bagian dari proses pembelajaran mereka sehingga prestasi belajar peserta didik yang kurang maksimal.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavior peserta didik kelas X di SMK PGRI 1 Taman Pemalang Tahun 2017/2018, 2) untuk mengetahui tingkat prestasi belajar pada peserta didik di SMK PGRI 1 Taman Pemalang, dan 3) untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavior terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X di SMK PGRI 1 Taman Pemalang tahun pelajaran 2017/2018.
Populasi penelitian sebanyak 84 peserta didik dengan sampel 10 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari pearson dan uji reliabilitas dengan rumus belah dua dari Spearman Brown. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan stastistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat prestasi belajar peserta didik kelas X SMK PGRI 1 Taman Pemalang Tahun pelajaran 2017/2018 sebelum (pretest) dilakukan Layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavior mayoritas tergolong rendah, terlihat dari presentase 40% pada interval nilai 160-172 sebanyak 10 peserta didik ini rergolong kriteria rendah. 2) Tingkat prestasi belajar peserta didik kelas X SMK PGRI 1 Taman Pemalang tahun pelajaran 2017/2018 sesudah (post-test) dilakukan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan mayoritas tergolong tinggi, terlihat dari presentase 40% pada interval nilai 182-200 sebanyak 10 peserta didik ini tergolong kriteria tinggi. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavior terhadap prestasi belajar pada peserta didik kelas X di SMK PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018 terbukti hasil uji signifikan diperoleh thitung = 21,3412 lebih besar dari ttabel = 2,262, sehingga Ha diterima sedangkan Ho berbunyi adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavior terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X di SMK PGRI 1 Taman Pemalang tahun pelajaran 2017/2018.
Saran penulis untuk layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavior yang baik sebaiknya dilaksanakan secara menyeluruh pada peserta didik. Sedang untuk peserta didik sangat perlunya bimbingan untuk memiliki pemahaman atau wawasan tentang dirinya dan lingkungan sekitar untuk menentukan arah kehidupan yang lebih baik.
11145000670 | MAU p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain