Skripsi
PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2016
Firdaus Fikri Amrullah. “Pengaruh Enterprise Risk Management, Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan sektor pertambangan periode 2013-2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Enterprise Risk Management atau yang biasa disebut (ERM), Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2016. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Nilai Perusahaan dalam penelitian ini diukur dengan Tobin’s Q, penerapan ERM diukur dengan variabel dummy, Ukuran Perushaan diukur dengan Logaritma Natural (Ln), Leverage diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER), Profitabilitas diukur dengan Return On Assets (ROA), dan Pertumbuhan Penjualan diukur dengan Rumus Sales Growth.
Hipotesis dari penelitian ini untuk mengetahui 1) Terdapat pengaruh Enterprise Risk Management (ERM) terhadap Nilai Perusahaan, 2) Terdapat Pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan, 3) Terdapat pengaruh Leverage terhadap Nilai Perusahaan, 4) Terdapat pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan, 5) Terdapat pengaruh Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan dan 6) Terdapat pengaruh Enterprise Risk Management (ERM), Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan secara bersama-sama terhadap Nilai Perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purpossive sampling.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Enterprise Risk Management (ERM), Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, dan Pertumbuhan Penjualan secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan ERM terhadap Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan, leverage, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan ERM berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan pada signifikasi 10%. Dan hasil dari R square dalam penelitian ini, 12,8% dipengaruhi oleh variabel dalam penelitian ini, sedangkan sisanya dipengaruh oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Kata Kunci : Regresi Linier Berganda, Penerapan Manajemen Risiko Perusahaan, dan Nilai Perusahaan.
41145000090 | AMR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain