Skripsi
PENGARUH SUMBER DAYA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KENYAMANAN DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA INDONESIA BERDASARKAN SURVEYPISA TAHUN 2015
DIVANTARI, CITRA LIDYA. 2018. “Pengaruh Sumber Daya Teknologi Informasi dan Kenyamanan Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan Survey PISA Tahun 2015”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr.Purwo Susongko,M.Pd
Pembimbing II Rizqi Amaliyakh S.,M.Pd
Kata Kunci: Survey PISA (Programme for International Student Assessment) Tahun 2015, Sumber Daya Teknologi Informasi, Kenyamanan di Sekolah, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan : (1) Mendeskripsikan pengaruh sumber daya teknologi informasi di rumah terhadap prestasi belajar matematika pada siswa Indonesia survey PISA tahun 2015. (2)Mendeskripsikan pengaruh kenyamanan di sekolah terhadap prestasi belajar matematika pada siswa Indonesia survey PISA tahun 2015. (3) Mendeskripsikan pengaruh sumber daya teknologi informasi dan kenyamanan di sekolah terhadap prestasi belajar matematika pada siswa Indonesia survey PISA tahun 2015.Manfaat penelitian ini bertujuan sebagai dasar bahan penelitian dalam pengembangan model pembelajaran.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Indonesia yang mengikuti survey PISA tahun 2015. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel atau penelitian populasi. Pada survey PISA tahun 2015 Indonesia melibatkan 6315 data siswa dari 519.334 respon siswa. Data Siswa diperoleh dari survey PISA tahun 2015 yang dipublikasikan situs resmi yang bersumber dari laman OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis data adalah uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikorelasi, uji heteroskedastisitas dan koefisien determinasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara sumber daya teknologi informasi terhadap prestasi belajar matematika dengan persamaan regresi linear yang terbentuk Y = 453,195 + 30,840 X1 (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kenyamanan di sekolah terhadap prestasi belajar matematika dengan persamaan regresi linear yang terbentuk Y = 393,605 + 2,733 X2 (3) Dalam penelitian ini tidakdapat melakukan pengujian lanjut dalam mengukur pengaruh sumber daya teknologi informasi dan kenyamanan di sekolah secara bersama-sama karena tidak memenuhi asumsi klasik regresi linear berganda. Hal ini juga dibuktikan dalam uji korelasi berganda nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat korelasi.
17145000550 | DIV p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain