Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 pada Materi Aritmatika Sosial)
SIKANA, ARINA MANA. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan PowerPoint Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 pada Materi Aritmatika Sosial). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pecasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Paridjo, M.Pd.
Pembimbing II Wikan Budi Utami, M.Pd.
Kata Kunci : efektivitas, model pembelajaran problem posing, powerpoint koneksi matematis.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan koneksi matematis yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Posing berbantuan PowerPoint dengan model pembelajaran STAD. (2) Untuk mengetahi apakah model pembelajaran Problem Posing berbantuan PowerPoint lebih efektif daripada model pembelajaran STAD terhadap kemampuan koneksi matematis.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 1 Talang 2017/2018. Setelah melakukan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling diperoleh 2 kelas sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, dan observasi.
Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data nilai tes kemampuan koneksi matematis perseta didik yang terdiri dari 5 soal uraian. Setelah dianalisis menggunakan uji t dua pihak, dan uji t satu pihak kanan, diperoleh hasil penelitian: (1) Ada perbedaan kemampuan koneksi matematis yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Posing berbantuan PowerPoint dengan model pembelajaran STAD. (2) Model pembelajaran Problem Posing berbantuan PowerPoint lebih efektif daripada model pembelajaran STAD terhadap kemampuan koneksi matematis.
17145000120 | SIK e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain