Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Songgom Tahun Pelajaran 2016
ARIFIANI, MUTIA. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Prestasi Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok (Studi Experimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Songgom Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Suwandono, M.Pd.
Pembimbing II M. Shaefur Rokhman, M.Si.
Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe example non example, alat peraga, prestasi belajar matematika, keaktifan belajar.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran example non example dengan alat peraga dan yang tanpa alat peraga memenuhi target KKM? 2) mengetahui perbedaan prestasi belajar dan keaktifan belajar matematika yang diajar menggunakan ketiga model pembelajaran. 3) mengetahui model pembelajaran yang lebih efektif antara ketiga model pembelajaran.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Semester Genap di SMP Negeri 2 Songgom Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 304 orang. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Cluster Random Sampling yang terdiri atas 8 kelas dengan sample sebanyak 152 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, pengamatan/observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan Uji Liliefors, Uji Bartlett dan Uji Analisis Anava Satu Arah dengan taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran example non example dengan alat peraga dan yang tanpa alat peraga memenuhi target KKM, 2) Ada perbedaan prestasi belajar dan keaktifan belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran example non example dengan alat peraga dan yang tanpa alat peraga serta model pembelajaran konvensional dengan ceramah dan pemberian tugas, serta 3) model pembelajaran example non example dengan alat peraga lebih efektif dari pada model pembelajaran example non example tanpa alat peraga dan model pembelajaran konvensional dengan ceramah dan pemberian tugas terhadap prestasi belajar dan keaktifan belajar matematika peserta didik SMP Negeri 2 Songgom Tahun Pelajaran 2016/2017.
17135000530 | ARI k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain